RS Mata Achmad Wardi BWI-DD Gelar Workshop Basic Eye Exam untuk Dokter Umum Puskesmas di Serang

248 views
Pelatihan Pemeriksaan Mata Dasar di Serang oleh RS Ahmad Wardi. Foto: DD

SERANG – RS Mata Achmad Wardi BWI-DD Serang menyelenggarakan Workshop Pemeriksaan Mata Dasar di Wilayah Kota Serang.

Acara ini dilaksanakan Selasa (11/8/2020) diikuti dokter umum dan petugas indra di FKTP Serang.

Menurut dr. Moh. Badrus Sholeh M.Kes, Direktur utama RS Mata Achmad Wardi, workshop ini memberikan edukasi, wawasan, serta keterampilan terkait pemeriksaan mata dasar.

Dilanjutkannya, katarak merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang saat ini menjadi fokus dari RS Mata Achmad Wardi BWI-DD.

“Berdasarkan data statistik BPS Kota Serang menyebutkan bahwa jumlah penduduk kota serang dengan usia >45 tahun sebanyak 133.432 penduduk. Kelompok usia tersebut lebih beresiko tinggi mengalami masalah gangguan penglihatan seperti katarak, retina, dan gangguan mata lainnya,” ucapnya.

Harapannya setelah dilakukan workshop ini, dokter umum maupun petugas indra mampu melakukan diagnosis yang akurat sehingga masyarakat kelompok usia risiko tinggi katarak bisa terdeteksi sejak dini.

Diikuti sebanyak 32 peserta dari seluruh perwakilan puskesmas di wilayah Kota Serang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini dibekali oleh dokter spesialis mata sub retina dari RS Mata Achmad Wardi, materi yang disampaikan diantaranya mengenai gejala katarak, retina, hingga pemeriksaan mata secara langsung dengan menggunakan alat yang disediakan dalam workshop ini.

“Saya sangat mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan ini, kami dari dinas kesehatan mengharapkan kegiatan tersebut bisa terus berkelanjutan sehingga dokter umum dari puskesmas seluruh Kota Serang bisa menambah pengetahuan dan skill dalam pemeriksaan gangguan mata yang dialami oleh masyarakat” ucap dr. H. Ikbal S.Pd, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang.

“Sebagai dokter umum di Puskesmas Kalodran, kegiatan workshop ini sangat bermanfaat terutama saat saya mendiagnosis pasien sehingga bisa lebih teliti lagi. Apalagi saya diberikan oftalmoskop sehingga bisa memudahkan dalam pemeriksaan terutama katarak” ucap dr. H. Asep Irawan Priatna.