AS Soal Vaksin Corona Buatan Rusia: Bukan Tentang Siapa yang Tercepat

129 views
ILUSTRASI Industri farmasi Sinovac, China dan Istituto Butantan, Brazil mulai menguji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 yang diharapkan bisa dirilis lalu diproduks massal pada akhir 2020.

TAIWAN – Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar mengatakan jika  penyediaan vaksin bukan tentang siapa yang tercepat karena bukan perlombaan.

“Ini bukanlah perlombaan menjadi yang pertama,” ujar Azar, yang tengah berada di Taiwan untuk lawatan resmi, dalam konferensi virtual yang diikuti kantor berita Antara.

“Ini adalah tentang menggunakan segenap kemampuan pemerintah AS, perusahaan, dan industri biofarmasi agar secepat mungkin kami dapat menyediakan vaksin untuk masyarakat AS, juga masyarakat dunia,” kata dia menambahkan.

Sebelumnya Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Selasa (11/8/2020), menyatakan bahwa Rusia menjadi negara pertama yang memberikan persetujuan pemerintah terhadap vaksin yang rencananya akan dinamai “Sputnik V”.

“Saya tahu bahwa vaksin ini bekerja dengan cukup efektif, membentuk imunitas yang kuat, dan saya ulangi bahwa vaksin ini telah lolos semua pengujian yang diperlukan,” kata Putin.