Gandeng Amerika, Taiwan Tinggalkan China untuk Kerjasama Medis

212 views
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (kanan) bertemu dengan Menteri Kesehatan AS Alex Azar di Kantor Kepresidenan di Taipei, Taiwan, Senin, 10 Agustus 2020.

TAIPEI – Dalam minggu ini hubungan Amerika Serikat dan Taiwan kelihatan semakin akrab. Ditandai dengan ditandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan masyarakat.

Nota kesepahaman ditandatangani Direktur American Institute di Taiwan W. Brent Christensen dan Ketua Dewan Taiwan untuk Urusan Amerika Yang Jen-ni, atas nama Kantor Perwakilan Ekonomi dan Kebudayaan Taipei di Amerika, Senin (10/8/2020) lalu.

Menteri Urusan Kesehatan dan Layanan Publik Amerika Alex Azar yang sedang berkunjung ke Taiwan dan Menteri Urusan Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan Shih-chung menyaksikan langsung upacara penandatanganan di Pusat Komando Epidemi Nasional di Taipei.

Tiga pakar industri Taiwan yang berbicara pada VOA, Rabu (13/8/2020) mengatakan nota kesepahaman itu akan membuka peluang ekonomi Taiwan, khususnya jika Amerika melakukan alih-teknologi dalam materi medis canggih untuk mendukung industri kesehatan publik Taiwan. Hal ini akan membuat Taiwan dapat mulai mengalihkan rantai pasokan medisnya dari China ke Amerika.