Tanggapi Rencana Pembunuhan Dubes AS, Trump Ancam Balas Iran 1.000 Kali Lebih Besar

118 views

WASHIGTON – Media AS melaporkan jika Iran berencana membunuh seorang Duta Besar AS untuk Afrika Selatan sebagai balasan atas serangan drone militer AS yang menewaskan komandan pasukan elite Iran, Jenderal Qasem Soleimani, pada Januari lalu di Baghdad, Irak.

Laporan tersebut didapat dari pejabat yang tidak menyebut nama, yang mengatakan rencananya pembunuha akan dilakukan sebelum pemilihan presiden pada November.

Menanggapi laporan tersebut, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji akan membalas  serangan Iran terhadap negaranya 1.000 kali lebih besar.

“Menurut laporan pers, Iran mungkin merencanakan pembunuhan atau serangan lain terhadap Amerika Serikat sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin teroris Soleimani. Setiap serangan dalam bentuk apa pun oleh Iran terhadap Amerika Serikat akan dibalas 1.000 kali lebih besar!” ujar Trump, dilansir AFP, Selasa (15/9/2020).

Namun Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran membantah laporan rencana pembunuhan tersebut sebagai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.