AJI PANCASONA (1)

764 views

“Ya sudah kakang Narada, ketimbang kita-kita kegerahan terus, kabulkan saja tuntutan itu.” Kata Betara Guru pada akhirnya.

“Tapi jangan diberi cek kosong dia. Harus ada persyaratan tertentu.” Betara Narada memberi masukan.

“Terserah elo deh….” Jawab Betara Guru kehilangan etika, saking panasnya.

Betara Narada segera turun ke bumi, menemui Subali di pertapan Sunyapringga. Cara bertapa Subali sungguh unik, dia menggantung di cabang sebuah pohon besar, dengan kepala di bawah sementara kaki dikaitkan ke cabang pohon tersebut. Orang sekarang menyebutnya kampret, lawan kecebong. Ataukah Subali memang pendukung Prabowo?

“Hai Subali, kamu bertapa model begitu apa nggak capek? Orang bertapa kan biasanya duduk sambil bersidakep kedua tangan di dada. Ini kok malah menggantung, nggak takut jantung terbalik?” Betara Narada menghujani Subali dengan sejumlah pertanyaan.

“Untuk menggapai sesuatu harus pantang menyerah, harus siap menerima berbagai tantangan, karena itu merupakan penggemblengan jiwa dan mental. Itu…..,” jawab Subali nggak mau kalah dengan Mario Teguh di masa jaya-jayanya sebagai motivator.

Betara Narada tersenyum sambil manggut-manggut, persis Pak Harto. Dia lalu klarifikasi kebenaran informasi bahwa Subali bertapa karena menuntut ajian Pancasona pembebas dari kematian. Padahal memiliki ajian Pancasona sama saja menyaingi eksitensi para dewa di Jonggring Salaka.

“Apa kamu nggak kesepian nantinya? Semua wayang sudah mati, kamu hidup sendiri?” ujar Betara Narada.

“Ya enggaklah, pukulun. Kan wayang selalu berganti-ganti generasi. Nantinya saya akan menjadi sesepuh mereka. Tempat bertanya dan tempat mencari kesembuhan dari berbagai penyakit.” Jawab Betara Narada lagi.

Betara Narada tertawa, ternyata Subali ingin memiliki aji Pancasona hanya agar bisa menjadi paranormal sepanjang masa. Mungkin dia terilhami oleh nasib Ki Gendeng Pamungkas, pinter nyantet dan bikin mati orang, tapi dia sendiri malah mati muda. Konyolnya, dia pernah meramal Jokowi meninggal di masa jadi presiden, tapi malah dia yang mati duluan.