Aksi Bersih di WCD 2020, DDV Sulsel Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan

10 views

SULSEL – Sejak dua tahun berturut-turut, pada 2018-2019, Indonesia menjadi negara pemimpin aksi Cleanup terbesar di dunia, menyusul negara kedua, Pakistan. Aksi bersih serentak terbesar di dunia, World Cleanup Day (WCD) yang diperingati setiap tanggal 19 September, menjadi momentum spesial bagi jutaan relawan melakukan aksi kebaikan. Termasuk para Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) di seluruh penjuru Nusantara.

Di Desa Baji Mangngai, Kec. Mandai, Kab. Maros, DDV Sulsel turut menyemarakkan momentum tersebut dengan aksi bersih lapangan di sebuah titik pembuangan sampah ilegal pada Sabtu (19/9/2020). Kondisi pandemi tak menyurutkan semangat mereka. Sebanyak 20 relawan turun ke lokasi memunguti sampah-sampah berserakan untuk diserahkan ke tempat yang seharusnya.

Dipimpin oleh koordinator DDV Sulsel, Mohd. Waldi, sampah seberat kurang lebih 800 kilogram yang terdiri dari sampah organik dan anorganik, berhasil terkumpulkan. Sampah-sampah tersebut dipilah-pilah berdasarkan jenisnya, lalu dibawa ke fasilitas pengelolaan sampah dan pembuangan sampah terdekat untuk dilakukan proses selanjutnya.

“Kegiatan kita mulai sejak pukul 07.00 WIB pagi dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Sebanyak kurang lebih 800 kilo sampah organik dan anorganik pun berhasil dikumpulkan. Kita pisahkan sesuai jenisnya, kemudian kami serahkan ke tempat yang semestinya,” terang Waldi dilansir dari laman dompet dhuafa.

Kegiatan ini juga disambut hangat oleh pemerintah dan warga setempat. Warga pun banyak berbondong-bondong turut membantu aksi ini hingga usai. Waldi berpesan, meski aksi bersih-bersih adalah aksi yang sangat baik, namun tetap harus diperhatikan untuk langkah selanjutnya.

“Jangan sampai sampah hasil Cleanup cuman dikumpulkan, trus dibuang. Namun juga dipikirkan bagaimana proses selanjutnya,” lanjutnya.

Para relawan DD Sulsel pun masing-masing memiliki tugas untuk menyampaikan dan mengajak kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan sampah di mana pun berada. Ke depannya, DDV akan lebih banyak berkolaborasi dengan lembaga dan relawan lain untuk lebih luas menyampaikan moto dan sumpah mereka, “#SumpahGakNyampah”.