Lumpur Masih Penuhi Rumah Warga Terdampak Banjir Bandang di Sukabumi

16 views
Aksi bersih di rumah warga terdampak banjir bandang Sukabumi/ Foto: Zul, DMC

SUKABUMI – Tim Disaster Management Centre (Dompet Dhuafa) melakukan aksi bersih-bersih di rumah-rumah yang terdampak Banjir Bandang yang menerjang wilayah Sukabumi pada Senin (21/9/2020) lalu.

Dengan menggunakan sekop, pacul, dan bantuan mesin diesel, dan bersama para relawan gabungan dan warga setempat, semua bergotong royong mengangkut lumpur dari rumah ke rumah.

Walau air telah surut, material yang terbawa lumpur berupa kayu, besi, batu, dan lainnya, masih menumpuk di rumah-rumah warga (Kamis, 24/9/2020).

“Memang lumpur masih banyak sekali, saya sudah bersihkan dua hari belum kelar juga. Ini masih banyak lumpurnya,” aku Johari, salah satu warga terdampak banjir, dilansir dompetdhuafa.org.

Selain itu, tim DMC yang telah hadir dan mendirikan Pos sejak Selasa, (22/9/2020), kembali melakukan evakuasi bersama tim pencarian SAR gabungan dan Aksi Bersih pada Kamis (24/9/2020) pagi.

Kali ini, tim menuju Kampung Nyangkowek, RT 001/RW 007, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Tim mengerahkan sejumlah relawan, dan armada mobil taktis juga ambulans.

“Hari ini, tim menuju ke Desa Mekarsari, Cicurug, dengan agenda aksi bersih rumah warga. Disana menjadi salah satu titik terdampak yang cukup parah,” terang Sanadi, selaku Koordinator Pos Respon Banjir Bandang Sukabumi.