Respon DMC DD di Sukabumi, dari Aksi Bersih Sampai Dirikan Dapur Umum

14 views
Dapur Umum di lokasi terdampak bencana banjir bandang Sukabumi/ DMC DD

SUKABUMI – Tim Rescue DMC (Disaster Management Centre) Dompet Dhuafa melaporkan  Situasi Respon (Sitrep) Banjir Bandang Sukabumi #1 Periode 23 September 2020 pukul 11.00 WIB.

DMC Dompet Dhuafa melaporkan situasi terkini bahwa dampak wilayah terparah ada di RT 01 dan RT 04/RW04 Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

“Meskipun kondisi air sudah mulai surut, tetapi cuaca masih mendung dan turun hujan. Di beberapa tempat masih banyak tergenang air dan lumpur, sisa material yang terbawa arus banjir, juga puing rumah warga. Ada 234 rumah terendam, sehingga masih banyak warga yang mengungsi bahkan di rumah-rumah saudaranya masing-masing,” ungkap Sanadi.

Menurut data yang dirangkum hingga Rabu pukul 13.00 WIB, peristiwa tersebut telah berdampak pada 176 KK/525 jiwa dan sebanyak 78 jiwa terpaksa harus mengungsi. Sedikitnya 127 unit rumah yang tersebar di 11 desa terdampak, dengan rincian 34 unit rumah rusak berat (RB), 23 rusak sedang (RS) dan 70 rusak ringan (RR).

“Kami terus berupaya pada respon evakuasi, aksi bersih, serta mendirikan Pos dan Dapur Umum yang berada di Kampung Cibuntu RT 003/RW 004, Desa Pasawahan, Cicurug, Sukabumi,” tambah Sanadi, dilansir Dompetdhuafa.org.