Turki Desak Armenia Tarik Diri dari Wilayah Azerbaijan

93 views
Ilustrasi Posisi garis depan Tentara Armenia di wilayah Tavush, Armenia, 14 Juli 2020/ VOA

ANKARA – Turki mendesak Armenia harus menarik diri dari wilayah Azerbaijan yang didudukinya dan berhenti bekerja sama dengan organisasi teroris.

“Armenia harus menarik diri dari wilayah [Azerbaijan] yang didudukinya, mengakhiri kerja sama dengan organisasi teroris, dan menyingkirkan tentara bayaran dan teroris dari wilayah [Karabakh Atas],” kata Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar dalam konferensi virtual dengan pejabat tinggi militer Turki, dilansir Anadolu.

Dengan menghantam warga sipil, Armenia telah melakukan “kejahatan perang” di wilayah Azerbaijan yang diduduki di Karabakh Atas, yang harus diketahui oleh semua orang, tegas Akar.

Otoritas Armenia, yang secara terang-terangan menyerang warga sipil yang tidak bersalah, pasti akan diadili oleh hati nurani umat manusia, terutama rakyat mereka sendiri, tambah dia.

Pertempuran kedua Azerbaijan-Armenia dimulai pada 27 September, ketika pasukan Armenia menyerang pemukiman sipil dan militer Azerbaijan di Karabakh Atas, yang juga dikenal sebagai wilayah Nagorno Karabakh, yang menimbulkan korban jiwa.