Fasilitas Kesehatan untuk Tampung Pasien Covid-19 di Jakarta Kembali Memadai

16 views
Ilustrasi Pasien positif COVID-19 mendapatkan perawatan di ruang ICU rumah sakit Centre Cardiologique du Nord di Saint-Denis dekat Kota Paris, Rabu (22/4/2020), saat penyebaran wabah COVID-19 terus berlangsung di Prancis. ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes/wsj.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, saat ini fasilitas kesehatan untuk menangani wabah virus corona di Jakarta mulai kembali memadai.

Saat ini tercatat ada 98 rumah sakit rujukan di Jakarta untuk menangani pasien Covid-19, dengan  5.719 tempat tidur isolasi dan 766 tempat tidur ICU di RS rujukan.

Menurut Anies, saat ini kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan tersebut mulai memadai.

Ia menjelaskan, keterpakaian tempat tidur isolasi Covid-19 pada tanggal 10 Oktober sebesar 66 persen dan tempat tidur ICU Covid-19 sebesar 67 persen.

“Saat ini daya tampung rumah sakit kembali cukup memadai dibandingkan kondisi saat keputusan menarik rem darurat,” kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/10/2020).

Anies memastikan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meningkatkan kapasitas rumah sakit untuk mengantisipasi peningkatan kasus aktif yang membutuhkan perawatan intensif. Di sisi lain, ia meminta masyarakat turut disiplin menjalani protokol kesehatan sebagai upaya menekan penularan Covid-19.

“Kecepatan penularan juga harus ditahan agar tidak melebihi kapasitas fasilitas kesehatan,” tuturnya.