Grafik Kasus Positif Corona di Jakarta Mendatar Sejak Diberlakukan PSBB Ketat

22 views
Ilustrasi Gedung perkantoran di Jakarta muncul sebagai klaster baru penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. di Jakarta sampai (28/7) tercatat 459 orang terpapar di 90 gedung perkantoran.

JAKARTA  –  Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan grafik penambahan kasus positif dan kasus aktif harian mendatar (stabil) sejak dilakukan PSBB ketat, yaitu 13 September 2020.

Kemudian, terdapat tanda awal penurunan kasus positif harian dalam tujuh hari terakhir. Pelandaian pertambahan kasus harian sejak pengetatan PSBB tampak pada grafik kasus onset dan juga pada nilai Rt atau reproduksi virusnya.

Grafik onset merupakan grafis kasus positif yang didasarkan pada awal timbulnya gejala, bukan pada keluarnya laporan hasil laboratorium.

Berdasarkan data yang disusun FKM UI, nilai Rt Jakarta adalah 1,14 pada awal September dan saat ini berkurang menjadi 1,07.

Artinya, saat ini 100 orang berpotensi menularkan virus kepada 107 orang lainnya.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan data-data tersebut Pemprov DKI mulai besok, 12 Oktober 2020 kembali memberlakukan PSBB Transisi, dan mencabut kebijakan PSBB Ketat.