Menteri Palestina Ungkap Presiden Abbas Bertemu dengan Presiden Kongres Yahudi

Presiden Abbas/ Reuters

TEPI BARAT – Menteri Urusan Sipil Palestina, Hussein al-Sheikh mengatakan Mahmoud Abbas bertemu dengan Presiden Kongres Yahudi Dunia Ronald Lauder di Tepi Barat pada Sabtu waktu setempat.

Pertemuan ini terjadi menyusul seruan Lauder bagi warga Palestina untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai dengan Israel.

Dilansir Reuters, Kongres Yahudi Dunia juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Lauder bertemu dengan pemimpin Palestina pada hari Sabtu untuk kunjungan pribadi atas undangan Abbas, guna membahas berbagai masalah tentang Palestina dan Timur Tengah.

Sebelumya kepada surat kabar Arab Saudi, Arab News, ia mengatakan bahwa dirinya berharap kesepakatan itu akan membawa Palestina dan Israel kembali ke pembicaraan damai, yang gagal pada tahun 2014.

Seorang pejabat Palestina mengatakan kepada Reuters dengan syarat anonim bahwa Lauder tidak membawa pesan dari Gedung Putih. Sumber kedua Palestina mengatakan Abbas membahas seruan yang dia buat di PBB bulan lalu untuk konferensi perdamaian yang dipimpin PBB awal tahun depan.