Palestina “PDKT” dengan Israel?

637 views
Foto warga Palestina bersitegang dengan aparat Israel. Presiden Palestina Mahmoud Abbas diberitakan bertemu dengan pimpinan Kongres Yahudi Sedunia Ronald Lauder, Sabtu lalu (10/10) diisukan sedang "PDKT" membahas perdamaian.

SETELAH merasa ditelikung oleh sejumlah negara Arab pendukungnya, kabar yang mengejutkan adalah pertemuan antara Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Presiden Kongres Yahudi Dunia Ronald Lauder.

Kabar mengejutkan itu berasal dari cuitan Menteri Urusan Sipil Palestina Hussein al-Sheik namun ia tidak merinci lebih jauh detil substansi pertemuan itu yang berlangsung di suatu lokasi, Sabtu lalu (10/10).

Namun karena dua negara Arab di Teluk pendukung Palestina yakni Uni Arab Emirat (UAE) dan Bahrain baru saja menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel, kemungkinan juga menyusul Sudan, pertemuan Abbas dan Lauder dikait-kaitkan event itu.

Selain UEA dan Bahrain, Mesir sudah lebih dulu melakukan normalisasi  hubungan diplomatik melalui Perjanjian Camp David 1979 disusul Jordania dalam kesepakatan damai yang ditandatangani pada 1994.

Lauder sebelumnya juga pernah bertemu dengan Presiden Abbas di New York, tahun lalu serta hadir dalam acara penandatanganan normalisasi hubungan UEA dan Bahrain dengan Israel di Gedung Putih, Washington DC, 15 September lalu.

Sementara Kongres Yahudi Dunia dalam pernyataannya menyebutkan, Lauder bertemu dengan pemimpin Palestina Sabtu  (10/10) dalam kunjungan pribadi atas undangan Abbas guna membahas isu Palestina dan Timur Tengah.

Kongres Yahudi Dunia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Lauder bertemu dengan pemimpin Palestina (10/10) untuk kunjungan pribadi atas undangan Abbas, untuk membahas isu Palestina dan Timur Tengah.

Gedung Putih sendiri belum bersedia menanggapi pertemuan Lauder dengan Abbas, mengingat AS dan  Palestina tidak memiliki hubungan diplomatik setelah Palestina memutuskannya karena menilai pemerintahan Donald Trump bias pro-Israel dan menolak langkah diplomatik negara-negara Teluk dengan negara Israel.

Mengutip petinggi Palestina yang tidak mau disebut namanya, Reuters memberitakan, pertemuan Abbas dan Lauder tidak membawa pesan dari Gedung Putih, melainkan membahas seruan Abbas di PBB September lalu mengenai konferesi perdamaian dipimpin perhimpunan bangsa-bangsa itu.