Kemenangan Azerbaijan dibantu Drone

3.244 views

Dilengkapi berbagai varian radar, pengendus lawan atau kawan (IFF) dan kamera elektro optik atau infra merah, kedua jenis drone tersebut mampu menggembol rudal udara ke darat yang bisa menembus lapisan baja dan bunker.

Pasukan Azerbaijan juga diuntungkan dengan penggunaan drone kamikaze Harop buatan Israel Aerospace Industries (IAI) yang khusus didisain untuk melumpuhkan sistem pertahanan udara Armenia.

Berbeda dengan drone lain, Harop sejatinya adalah hulu ledak seberat 23 Kg yang diluncurkan menuju sasaran bagaikan pesawat Kamikaze Jepang pada PD II, dipandu gelombang elektro magnit, bisa terbang enam jam dan berjarak jangkau 1.000 km.

Dibandrol seharga 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,5 triliun) untuk sepuluh unit, Harop dengan kemampuan anti radiasi yang dimilikinya, bisa menyasar radar lawan walau dalam keadaan mati dan bisa kembali ke pangkalan jika gagal menghantam sasaran. (Catatan: radar kadang-kadang tidak diaktifkan utuk menghindari target rudal lawan)

Selama konflik di Nagorno-Karabakh sejak 27 Sept. lalu, Harop disebut-sebut berhasil melumpuhkan sistem pertahanan udara S-300 Armenia buatan Rusia dan dalam konflik di Suriah, Harop juga berhasil melumpuhkan sistem rudal SA-22 Pantsir Rusia di wilayah itu.

Perang di era now didominasi kecangggihan teknologi, tentu juga terpulang pada manusia di belakangnya. (ns/berbagai sumber)