Pengakuan Bahrain tentang Perjuangan Palestina Pasca Normalisasi Hubungan dengan Israel

26 views
Rakyat Palestina merasa ditingalkan negara-negara Arab setelah Uni Emirat Arab, lalu Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel. Mesir dan Jordania telah melakukannya lebih dulu masing-masing pada l979 dan 1994.

BAHRAIN – Raja Bahrain, Hamad bin Isa al-Khalifa mengatakan bahwa negaranya tetap berkomitmen untuk perjuangan Palestina meski telah melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Raja Hamad menekankan bahwa pandemi virus Corona dan dampak ekonominya di negara Teluk tidak akan menghilangkan komitmennya terhadap masalah regional dan hubungan internasional, khususnya mengenai masalah Palestina.

“Perkembangan darurat ini tidak akan menjauhkan kami dari mengejar komitmen kami terhadap masalah regional dan hubungan internasional kami,” ucapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (1/10/2020).

Dia menegaskan, Bahrain tetap menuju perjuangan Palestina untuk mencapai solusi dua negara guna meningkatkan keamanan dan perdamaian dunia.

Bahrain  sudah melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Bersama dengan Uni Emirat Arab, Bahrain menandatangani kesepakatan normalisasi hubungan dengan Israel, yang ditengahi Amerika Serikat, pada pertengahan September lalu.