Obral Diskon Hukuman bagi Koruptor

32 views

Dua puluh terpidana korupsi seperti mantan Menpora Imam Nahrawi, Andi Zul. Malarangeng (kasus Hambalang), pengacara OC Kaligis (suap hakim PTUN), mantan Ketua DPD Irman Guzman (kasus impor gula) dan mantan hakim agung MK Patrialis Akbar (kasus impor daging) yang juga dipotong hukumannya pada sidang peradilan PK.

Upaya pemberantasan korupsi meluncur menuju titik nadir pasca pengesahan revisi UU 19 tahun 2019 tentang KPK pada 17 Sept. 2019 yang pasal-pasalnya mengebiri sejumlah kewenangan lembaga anti rasuah itu, ditambah lagi dengan kepemimpinan Firli Bahuri yang lemah dan sarat masalah.

Paceklik atau nyaris tanpa Operasi Tangkap Tangan (OTT), selama masa kepemimpinan Firli yang sudah berlangsung setahun, sementara KPK gaduh terkait pengunduran diri puluhan karyawan dan juga pelanggaran etik dirinya.

Publik cuma bisa mengelus dada tanpa bisa berbuat apa-apa, menyaksikan para  koruptor tetap merajalela, kecuali para penyair yang bisa menyampaikan unek-unek dan sumpah serapahnya.

“Negeri para maling dan bedebah, “ seru mereka melalui puisi, namun entah ada yang prihatin atau memperhatikannya apa tidak.