Israel Robohkan Sekolah Dasar Palestina yang Didanai Uni Eropa

112 views
Sekolah Dasar di Palestina. Foto:PIP

RAMALLAH – Pasukan penjajah Israel merobohkan sekolah dasar yang didanai Uni Eropa di komunitas pastoral Ras al-Teen, di timur Ramallah, Rabu (14/10/2020).

Dewan Norwegia untuk Pengungsi menyatakan sangat prihatinan dan menyesalkan pembongkaran sekolah yang dilakukan oleh pasukan penjajah Israel tersebut.

“Sekolah ini melayani 50 siswa dari komunitas Ras El-Teen, dari kelas satu hingga kelas enam,” jelas Dewan Norwegia.

Dewan Norwegia mengingatkan dengan penghancuran sekolah ini akan memaksa siswa berjalan kaki sekitar 5 kilometer untuk mencapai sekolah terdekat di Desa Al Mughayer.

Sekolah ini dibuka bersamaan dengan pembukaan tahun ajaran baru lebih dari sebulan yang lalu. Otoritas penjajah Israel menyampaikan surat pemberitahuan perihal penghancuran bangunan sekolah tersebut. Dengan dalih bahwa bangunan tersebut tidak memiliki izin. Namun masyarakat berhasil mengajukan pembekukan pembongkaran selama 30 hari.

Sejak dibuka, sekolah ini menghadapi banyak kendala. Terutama ancaman dari penjajah Israel. Ketika para siswa memulai tahun ajaran di sana, mereka berada di bangunan tanpa atap, sekolah baru hanya berupa bangunan dari batu, maka para pekerja mulai menambah fasilitas-fasilitas lainnya.

Menurut Pusat Informasi Palestina, Klan Irsheidat telah mendiami Ras al-Tin selama lebih dari 40 tahun, di daerah yang terletak di antara desa Mughayir, Kafr Malik dan Khirbet Abu Falah, timur laut Ramallah.