Wapres Resmikan Retina dan Glaukoma Center RS Achmad Wardi

Wakil Presdien KH Ma'ruf Amin/ MUI.or.id

SERANG – Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk berinovasi dalam pengelolaan dana wakaf untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Mata Achmad Wardi yang jauh lebih bermanfaat bagi kaum Dhuafa khususnya. Sebagai bentuk dukungan kepada Dhuafa dan program Pemerintah dalam bidang kesehatan.

Di tahun ini, RS Mata Achmad Wardi melakukan grand launching Retina dan Glaukoma Center yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube dan zoom virtual. Diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin secara daring dan dihadiri pula secara daring Menkeu Sri Mulyani, Menag Fachrul Razi, Walikota Serang, Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), Ketua BWI M.Nuh, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Nasyith Majidi dan juga beberapa perwakilan dari bank Syariah.

“Saya berterima kasih kepada BWI atas undangannya untuk meresmikan RS Achmad Wardi, rumah sakit ini adalah rumah sakit mata yang pertama di Asia yang dibangun melalui dana wakaf dan retina center juga melalui dana wakaf,” ucap Wapres dalam sambutannya, Rabu (21/10/2020).

Wapres Maruf Amin menambahkan pembangunan RS Achmad Wardi ini merupakan langkah nyata dari pengumpulan dana wakaf maka dari itu harus kembali perlu ditingkatkan.

Wakaf dipahami hanyas ebatas tanah saja padahal wakaf bisa berupa uang dan surat berharga, dan potensi wakaf tunai bisa diperoleh dari donasi. Dengan wakaf tunai semua bisa menjadi wakif,” sambungnya.

Sepertidiketahui, Badan Wakaf Indonesia melakukan penghimpunan dana wakaf dengan nilai donasi yang terhimpun adalah Rp 50,849,000,000,-(Lima puluh milyar delapan ratus empat puluh sembilan juta rupiah). Dana tersebut dibelikan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebagai Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) dengan diskonto dan Imbal hasilnya digunakan untuk membiayai Pembangunan Retina Center Rumah Sakit Mata Achmad Wardi.