Israel Dilaporkan Diam-diam Sudah Punya Kantor Kedutaan di Bahrain Sebelum Normalisasi Hubungan

13.411 views
Rakyat Palestina merasa ditingalkan negara-negara Arab setelah Uni Emirat Arab, lalu Bahrain menormalisasi hubungan dengan Israel. Mesir dan Jordania telah melakukannya lebih dulu masing-masing pada l979 dan 1994.

BAHRAIN – Sebuah media melaporkan jika Israel diam-diam sudah memiliki hubungan diplomatik rahasia di Bahrain selama lebih dari satu dasawarsa, sebelum akhirnya melakukan normalisai hubungan  bulan lalu.

Laporan dari media Axios pada Rabu (21/10/2020) menyebut adanya fasilitas diplomatik rahasia Israel di Manama yang  melakukan diplomasi dengan Bahrain, namun dibuat seolah-olah sebagai perusahaan konsultan komersial.

Menurut Axios, negosiasi untuk mendirikan kantor dimulai melalui serangkaian pertemuan rahasia antara Menteri Luar Negeri Israel saat itu, Tzipi Livni, dan Menlu Bahrain, Khaled Bin Ahmad al-Khalifa.

Kantor diplomatik rahasia Israel di Bahrain itu didirikan pada 2009. Selama itu mereka menyembunyikan keberadaaanya supaya tidak terendus media massa Israel.

Keputusan untuk membuka kantor itu dipicu ketika Qatar yang merupakan saingan Bahrain di kawasan Arab, menutup misi diplomatik Israel di Doha.

Menurut catatan publik Bahrain yang dilihat oleh Axios, kantor rahasia itu diisi oleh diplomat Israel yang bertugas dengan kedok perusahaan yang disebut “Pusat Pembangunan Internasional”. Perusahaan itu menawarkan layanan pemasaran, promosi niaga, dan investasi.

Axios melaporkan perusahaan itu mengubah namanya pada 2013 dan tidak diungkap oleh pihak berwenang dengan dalih keamanan, demikian dikutip Middle East Eye.