Kasus Covid-19 di Jakarta 39 Persen dari Klaster Keluarga

23 views
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/ RRI

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan angka kasus corona di Jakarta sebanyak 39 persen dari klaster keluarga.

Adapun jumlah klaster keluarga sebanyak 4.684 dan total positif tembus 36.659 kasus. Artinya, kata Anies, penularan Corona Virus Disease (Covid-19) banyak di lingkungan keluarga.

“Kita sering merasa kenal, berasa saudara maka tidak menggunakan masker dengan baik, tidak menjaga jarak, tidak mencuci tangan,” kata Anies.

“Pada saat kita berada di kendaraan umum kita disiplin 3M. Kita berada di tempat tempat yang banyak orang kita pake masker, tapi ketika bertemu dengan keluarga, kolega orang yang kita kenal mendadak kita merasakan turun kedisiplinan itu,” ucapnya.

Karena alasan itu, Anies meminta agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan di lingkungan keluarga sekalipun. Terutama pada saat libur panjang yang diprediksi banyak dipergunakan masyarakat untuk berlibur dan mengunjungi keluarga.

Pemberlakuan protokol kesehatan diyakini Anies bisa menekan lonjakan kasus aktif, dan lebih baiknya tetap di rumah selama hari libur.

“Insyaallah dengan begitu kita bisa melewati masa liburan ini tanpa mengalami konsekuensi lonjakan penularan Covid-19. Selamat berlibur bersama keluarga selamat menikmati masa masa istirahat dan sekali lagi usahakan tetap di rumah. Usahakan untuk selalu berada di lingkungan yang aman yaitu di mana di rumah kita,” tutur dia.