Sudah 19 Tahun LKC DD Hadir Berikan Layanan Kesehatan Gratis pada Dhuafa

JAKARTA – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma atau LKC  Dompet Dhuafa merayakan milad pada 6 November lalu, dan sudah genap 19 tahun kehadirannya membantu memfasilitasi kesehatan para dhuafa.

Sejak 2001, LKC Dompet Dhuafa hadir dari keprihatinan nasib kaum dhuafa yang rentan penyakit, kondisi lingkungan dan fasilitas yang sulit dijangkau serta minim sumber daya terutama aspek keuangan.

Direktur Dakwah Budaya & Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ustaz Ahmad Sonhaji menceritakan sejarah awal mula berdirinya LKC DD hingga akhirnya bisa terus bertahan sampai saat ini.

Pada saat itu ada layanan yang berkonsentrasi memberikan bantuan kesehatan kepada mustahik yang dikemas oleh Dompet Dhuafa melalui kerjasama dengan klinik yang ada. Dompet Dhuafa membayar klaim kepada klinik yang menangani mustahik. Model tersebut terus digunakan sampai adanya evaluasi.

Sampai akhirnya tersusun konsep Klinik model Dompet Dhuafa dengan layanan gratis dan cuma-cuma yang dinamakan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma.

Akses kesehatan di tahun 2000 dirasa amat sulit, terlebih untuk dhuafa. Sampai ada istilah Sadikin, alias sakit jadi miskin. LKC menjadi inspirasi dalam pengembangan layanan kesehatan saat itu.

Sehingga pada milad ke-19 kali ini  dihadapkan pandemi Corona. Dompet Dhuafa melalui LKC melaksanakan beberapa program penanganan corona. Antara lain APDC (Aksi Peduli Dampak Corona), KCC (Kampung Cekal Corona), Kawasan Sehat dan Pos Sehat untuk masyarakat Indonesia.

GM Divisi kesehatan dr. Yeni Purnamasari, MKM, menyatakan 19 tahun LKC hadir untuk melayani mustahik dgn pelayanan terbaik. LKC selalu berusaha menjawab tantangan kesehatan. “Mari berikan layanan terbaik pada para mustahik,” ungkapnya, dalam laman instagram Dompet Dhuafa.