13 Jemaah Umroh Asal Indonesia Positif Covid-19

Ilustrasi Suasana kabah yang kosong ketika wabah corona dan iadah umroh dihentikan/ Reuters

JAKARTA – Kementerian Agama mencatat setidaknya ada 13 jemaah umrah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif virus corona setibanya di Arab Saudi.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim mengatakan, sampai saat ini Indonesia sudah memberangkatkan tiga kloter atau gelombang calon Jemaah haji umrah, yakni pada 1 November sebanyak 224 orang, 3 November 89 orang dan 8 November 46 orang.

“Betul bahwa ada jemaah kita yang terkonfirmasi positif, setelah dilakukan PCR swab test di Mekkah, dan sekarang dalam proses karantina,” ujar Arfi, dilansir VOA.

Ia menjelaskan, pada gelombang satu, ada delapan Jemaah yang terkonfirmasi positif, sedangkan pada gelombang kedua sebanyak lima orang. Untuk gelombang ketiga, sejauh ini belum ada yang dinyatakan tertular virus itu.

“Penanganannya tentu menjadi tanggung jawab pemerintah Arab Saudi. Mereka sudah dalam proses isolasi, dan sambil menunggu waktu akan dilakukan swab test ulang juga, mudah-mudahan hasilnya sudah negatif artinya penanganan sudah ditangani,” jelasnya.