Topan Vamco Tewaskan Satu Orang di Filipina, Puluhan Ribu Rumah Terendam Banjir

Ilustrasi Topan Menuku Landa Yaman dan Oman/ AP

FILIPINA – Topan Ulysses atau Vamco yang melanda Filipina telah menewaskan setidaknya satu orang tewas dan tiga lainnya hilang.

Kantor Pertahanan Sipil, badan manajemen bencana negara, mengatakan ketiga nelayan itu hilang di perairan Provinsi Camarines Norte.

Sejak Rabu malam, Ulysses berputar di pulau terbesar Luzon dan merendam sejumlah pemukiman, termasuk di Metro Manila dan Markina City.

Di Marikina City, ujar walikota Marcy Teodoro, setidaknya 40.000 rumah terendam banjir.

Teodoro tengah berkoordinasi dengan Penjaga Pantai Filipina, Pengurangan Risiko Bencana Nasional dan Angkatan Udara Filipina untuk penambahan alat evakuasi.

Hingga pukul 11 pagi, menurut Kantor Informasi Publik Marikina, permukaan air sungai Marikina mencapai 22 meter.

Juru bicara Meralco, Joe Zaldarriaga, mencatat sekitar 3,8 juta atau 56 persen pelanggan terkena pemadaman listrik dan perlu beberapa hari untuk pulih kembali.

Ulysses merendam pemukiman di Metro Manila dan melumpuhkan sistem transportasi. Ulysses juga menyebabkan tanah longsor di Provinsi Albay dan Cat Terbanges, wilayah yang juga dihantam supertopan Gona pada awal bulan ini.

Biro cuaca PAGASA mengatakan hujan deras berpotensi terus mengguyur Metro Manila dan sekitarnya hingga sore ini. Sementara Ulysses diprediksi akan meninggalkan Filipina pada Jumat pagi, demikian dilaporkan Anadolu.