Tipuan Semanis Madu

28 views
Madu yang asli merupakan produk lebah madu, bukan hasil akal-akalan tukang mie ayam Sofiaudin.

MADU lebah itu manis, yang asli lho ya! Tapi kalau madu Banten ala Sofiaudin (46) tukang mie ayam, justru bikin nasib pahit peminumnya, salah-salah mengancam jiwa. Soalnya bukan mengandung glucosa-fruktosa sebagaimana lazimnya madu, tapi justru ditambahi bahan kimia molasses. Dan itulah kelihaian dan kejelian  Sofiaudin. Berkat tipuannya semanis madu di musim pandemi Corona, dia berhasil meraup keuntungan tak kurang dari Rp 8 miliar selama beberapa bulan tipu-tipu konsumen se Indonesia.

Awalnya Sofiaudin hanyalah penjual mie ayam di bilangan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Selama musim Corona omset penjualan ngedrop. Mulailah dia putar otak bagaimana bisa mendapatkan sumber ekonomi untuk keluarga. Ketika mendengar kabar bahwa madu juga bisa memperkuat ketahanan daya tubuh dari serangan Covid-19, mulailah dia dengan bisnis tipu-tipunya.

Jika penyanyi Ari Wibowo memberikan “Madu & Racun” kepada publik hanya sekedar lagu, Sofiaudin dari Kembangan ini justru meracuni rakyat dengan cairan manis yang diklaimnya sebagai madu Banten yang legendaries tersebut. Di musim pandemi Corona ini rakyat benar-benar mempercai madu sebagai penangkal Covid-19. Maka otomatis jualan Sofiaudin meledak. Pembeli berdatangan baik melalui online maupun datang langsung.

Tapi barang batil di manapun takkan lama. Atas laporan warga masyarakat, home industri madu milik Sofiaudin itu pada 10 Nopember lalu terbongkar oleh polisi. Bersama dua temannya Sofiaudin ditangkap. Omset penjualannya selama jadi produsen madu Banten abal-abal, telah mencapai Rp 8 miliar. Anak muda yang mendengar kelakuan eks tukang mie ayam itu mulai mendendangkan lagu “Udin Sedunia”. “Udin Udin Udin…… Udin yang jualan madu Banten palsu, namanya Sofiaudin!”

Madu Banten dan madu Dompu dari Sumbawa (NTB) sama-sama terkenal. Setya Novanto di masa miskinnya juga pernah jualan madu keliling. Berkat pengalaman jualan madu tersebut, omongannya jadi semanis madu. Dia mampu meyakinkan orang dari omonganya itu, sehingga pengusaha Sudwikatmono lewat kerjasama bisnis pun membuka jalan untuk Setyo Novanto jadi anak muda yang sukses.