Ribuan Relawan Satgas Covid-19 Mundur

8 views
Ribuan relawan Covid-19 mengundurkan diri, memprotes Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo yang dianggap mereka "memfasilitasi" rangkaikan acara Habib Rizieq Shihab dengan menyumbang 20.000 masker dan hand sanitizer,padahal acara tersebut melanggar protokol kesehatan Covid-19.

RIBUAN relawan mengundurkan diri karena kecewa atas langkah Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo yang justru seolah-olah memfasilitasi rangkaian acara melibatkan puluhan ribu orang yang digelar Habib  Rizieq Shihab (HRS) baru-baru ini.

“Mestinya acara itu ditertibkan karena jelas-jelas melanggar protokol kesehatan, bukan malah disumbang masker sebanyak itu,” kata Abdul Mufid, salah satu relawan, membacakan pernyataan sikap di depan Hotel The Media and Towers di Jakarta,  (19/11).

Doni sendiri berkilah, institusi yang dipimpinnya menyumbang 20.000 helai masker dan hand sanitizer pada rangkaian acara yang digelar HSR (Maulid Nabi di masjid Tebet , Jaksel (13/11) dan pernikahan  puterinya di Petamburan, Jakpus  (14/11) karena alasan kemanusiaan agar ribuan peserta tidak terpapar Covid-19.

Sebaliknya Mufid tetap menilai, sumbangan masker dan hand sanitizer bisa diartikan bahwa Satgas mendukung kegiatan kerumunan orang di markas FPI di Petamburan tersebut.

“Tindakan itu telah mencederai usaha yang sudah kami bangun selama delapan bulan terakhir,” kata Mufid seraya menyebutkan, pengunduran diri mereka adalah bentuk  mosi tidak percaya terhadap pimpinan Satgas Penganan Covid-19 dan jajarannya.

Setelah membacakan pernyataan sikap, puluhan relawan melepaskan dan menumpuk rompi dan ID Card masing-masing, sementara dilaporkan sekitar 2.000-an relawan se-Jabodetabek juga mengikuti langkah mereka untk mengundurka diri.

“Yang hadir saat ini cuma perwakilan saja, karena kami tidak ingin melanggar protokol kesehatan. Yang mengundurkan diri ada 2.000-an lagi, ” tutur salah seorang relawan.

Selain kecewa pada Doni, publik juga mempertanyakan sikap tidak konsisten yang ditunjukkan  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang “sowan” ke rumah HSR dan Wagub Ahmad Riza Patria hadir pada acara di Tebet, padahal kedua acara yang dihadiri ribuan orang, jelas melanggar protokol kesehatan Covid-19.