19 Lembaga akan Dibubarkan

10 views
Kementerian PAN dan RB merencanakan pembubaran 19 Lembaga Non Struktural (LNS) yang pembentukannya tidak melalui undang-undang.

PEMERINTAH akan menyampaikan rencana pembubaran 19 lembaga nonstruktural (LNS) yang dibentuk melalui undang-undang kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

“Akan kami sampaikan kepada DPR tahun depan karena menyangkut undang-undang yang harus dibahas bersama DPR, “ ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Jumat (20/11).

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR sehari sebelumnya (19/11) seluruhnya ada 29 LNS yang akan dibubarkan, sepuluh diantaranya lebih dulu dihapuskan karena pembentukannya tidak melalui Undang-undang, melainkan melalui keppres atau perpres.

Diantara 10 lembaga yang pembubaranya sudah disetujui presiden yakni Pengawas Haji Indonesia (Kemenag), Komisi Nasional Lanjut Usia (Kemesos)  dan  Badan Pengembangan wilayah Surabaya-Madura (KemenPUPR).

Berdasarkan data Kemenpan dan RB, dari total 98 LNS yang ada saat ini, 71 dibentuk berdasarkan undang-undang, enam melalui peraturan pemerintah dan 21 melalui perpres atau keppres.