Waspada! Lonjakan Kasus Covid-19

Trend kenaikan kasus harian Covid-19 yang sudah diatas 5.000 harus diwaspadai, apalagi menghadapi pilkada serentak 9 Des. dan libur pergantian tahun.

JUBIR  Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan semua pihak mengenai terjadinya kenaikan kasus baru paparan Covid-19 sampai di atas 5.000 kasus sehari yang merupakan rekor baru.

“Berarti hal itu menjadi penanda bagi pemerintah dan masyarakat, belum ada tanda-tanda penurunan penyebaran Covid-19 di Indonesia, “ ujarnya dalam keterangannya di kantor Sekretariat Presiden di Jakarta Kamis (26/11).

Menurut Wiku, kasus positif Covid-19 bakal terus bertambah jika tidak dilakukanl langkah lebih serius oleh pemerintah dan dalam pencegahan penularannya.

Lonjakan kasus positif tersebut terjadi karena masih adanya penularan di masyarakat, sehingga untuk itu ia meminta masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Penerapan protokol kesehatan, lanjut Wiku, harus dilakukan dalam setiap aktivitas dan keseharian di tengah-tengah masyarakat. Ia meminta masyarakat dan pemerintah jangan sampai lengah sehingga penularan Covid-19 bisa ditekan.

Wiku juga meminta Satgas Covid-19 di daerah tak ragu untuk menindak masyarakat yang masih abai terhadap protokol kesehatan sesuai peraturan yang berlaku tanpa pandang bulu.

“Ingat, kedisiplinan terhadap protokol kesehatan dapat melindungi diri kita, dan orang-orang terdekat dari penularan Covid-19,” ujar Wiku.

Menurut catatan, rekor kasus positif paparan Covid-19 yang terakhir terjadi dengan penambahan harian sebesar 5.534 kasus (25/11) November lalu, memecahkan rekor sebelumnya (13/11) sebanyak 5.444 kasus.

Selain masih berfluktuasi, penyebaran Covid-19 dicemaskan terus meningkat akibat  dilanggarnya protokol kesehatan termasuk kerumunan pada rangkaian helat Habib Rizieq Shihab baru-baru ini, liburan panjang pergantian tahun dan terjadinya mutasi virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

Sampai (26/11) tercatat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 516.713 (bertambah 4.917 kasus dibandingkan sehari sebelumnya) 16.352 orang meninggal (bertambah 127) dan 433.649 orang dinyatakan sembuh (bertambah 3.842).