Nurbowo Meninggal Saat Tugas Dakwah dan Kemanusiaan

Keluarga besar Dompet Dhuafa turut berduka atas meninggalnya Nurbowo, Rabu dini hari (2/12/2020). Semoga Allah menerima amal sholehnya. Aamiin yra

Nurbowo, Alumni Amil Dompet Dhuafa. Foto: Ist

PESISIR SELATAN – Keluarga besar Dompet Dhuafa turut berduka atas meninggalnya Nurbowo, Rabu dini hari (2/12/2020). Beliau adalah alumni Amil Dompet Dhuafa, bergabung di awal-awal berdirinya lembaga amil zakat nasional ini.

Dikutip dari laman Muara Indonesia, almarhum wafat di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, saat melakukan perjalanan tugas kemanusiaan dan dakwah. Almarhum meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak.

Saat berita ini ditulis Tim Barzah Dompet Dhuafa sedang mengurus kepulangan jenazah almarhum dari Padang ke Jakarta.

“Doa dan kenangan mengalir dari keluarga besar Dompet Dhuafa untuk beliau, insya Allah di masjid-masjid Dompet Dhuafa akan dilaksanakan shalat ghoib nanti setelah shalat zuhur,” jelas Sekretaris Dewan Syariah Dompet Dhuafa, Ustad Ahmad Fauzi Qosim.

Amil Senior Dompet Dhuafa, Hendra mengenang, “Beliau adalah salah seorang penulis buku Derap Langkah Perjuangan Dompet Dhuafa pada tahun 2000-an.”

Masih dari laman Muara Indonesia, Nurbowo lahir di Wonosobo, Jawa Tengah pada tanggal 29 Februari 1968. Beliau menyelesaikan SMA-nya di Wonosobo sebelum masuk IPB tahun 1987 lewat Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan memilih belajar di Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan.

Sejak di kampus, almarhum sudah aktif dalam kegiatan kampus, khususnya di organisasi keislaman mahasiswa. Mumpuni dalam bidang jurnalistik serta sangat peduli dengan isu-isu dakwah dan kemanusiaan.

Karirnya pun tak jauh dari bidang tersebut, mulai dari pemimpin redaksi Jurnal Halal LPPOM MUI, Dompet Dhuafa (DD), PT Khairul Bayan (penerbit majalah Alia dan Insani Islamic Digest), LAZ Dewan Dakwah, hingga terakhir membantu dalam kepengurusan Dewan Dakwah Islamiyah yang baru di bawah pimpinan Ustadz Dr. Adian Husaini.

Kiprahnya dalam kegiatan kemanusiaan amat mengagumkan. Almarhum terjun di hampir setiap operasi penanggulangan bencana di Indonesia.