Tidak Ada Efek Samping Dirasakan Relawan Vaksin Covid-19 Fase III

Vaksin Sinovac, China yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba sebanyak 1,2 juta dosis dan menyusul 1,8 juta dosis Januari 2021. Prioritas vaksinasi akan dilakukan pada tenaga kesehatan.

JAKARTA – Tim Mikrobiologi Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) dr. Sunaryati Sudigdoadi menyebutkan tidak ada efek samping yang serius pada relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19 .

Sunaryati dalam dialog Polemik MNC Trijaya bertajuk ‘Setelah Vaksin Datang’, Sabtu (12/12/2020), mengatakan, sebanyak 1.620 relawan telah dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali. “Relawan sudah melakukan penyuntikan kedua kali, jadi tinggal menunggu saja hasilnya,” katanya.

Sunaryati pun menegaskan pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap gejala yang dialami oleh relawan bahkan, juga rutin dilakukan pemeriksaan PCR.

“Bahkan kita juga lakukan pemeriksaan PCR dan sebagainya, itu baru nanti akan dikeluarkannya pada akhir Januari tersebut,” tegasnya.

Selain itu, Sunaryati menegaskan bahwa hasil evaluasi uji klinis fase III vaksin Covid-19 akan dilaporkan pada akhir Januari.