Para Ahli Penyakit Dunia dan Ahli China Teliti Sebab Awal Corona Jangkiti Manusia

covid 19

JAKARTA – Sejak akhir Oktober 2020 lalu, ternyata tim peneliti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) duduk – secara virtual – dengan sekelompok ahli China untuk memulai studi mendalam jangka panjang yang membahas tentang asal-usul virus corona dan kenapa sampai menulari manusia.

Bulan depan – setahun setelah China melaporkan kematian pertamanya di Wuhan yang dianggap sebagai penyakit baru “misterius” – 10 ahli internasional dari Denmark berangkat ke Qatar, mereka melakukan perjalanan ke negara itu untuk membahas menyangkut “epidemiologi, virologi, serologis” secara mendalam.

Di bawah pengawasan WHO dan pemerintah China, tim dari Qatar akan melakukan perjalanan ke China tengah untuk mengumpulkan bukti dan mengeksplorasi bagaimana virus muncul di kota, meletakkan dasar untuk studi lebih lanjut tentang bagaimana dan di mana COVID-19 mungkin dimulai.

“Pandemi COVID-19 saat ini menunjukkan dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh penyakit zoonosis yang muncul pada masyarakat,” kata kerangka acuan studi tersebut.

“Saat pandemi terus berkembang, memahami bagaimana epidemi berawa sangatlah penting, untuk mencegah masuknya virus SARS-CoV-2 lebih lanjut dan membantu mencegah masuknya virus baru di masa depan.”

Para ahli akan mengembangkan penelitian yang dilakukan selama setahun terakhir, serta data historis dari wabah SARS-CoV-1 pada tahun 2002, untuk mengetahui bagaimana virus korona baru, yang dikenal sebagai SARS-CoV-2, pertama kali muncul di inang hewan dan kemudian menyebar ke manusia.

Menurut Aljazeera, Senin (28/12/2020) wabah ini sudah membunuh lebih dari 1,7 juta orang di seluruh dunia dan membuat ekonomi hancur.