Israel Serang Suriah, Seorang Tentara Tewas

Ilustrasi Serangan jet tempur di Daraa Suriah/ Press TV

SURIAH – Kelompok pemantau perang mengatakan jet-jet Israel menembakkan misil terhadap target-target di dekat Damaskus pada Rabu (30/12/2020) pagi, menewaskan seorang tentara Suriah dan mencederai tiga lainnya.

Kantor berita SANA melaporkan, serangan selepas tengah malam di daerah Zabadani di kawasan pedesaan Damaskus itu menargetkan satu unit pertahanan udara Suriah dan juga menyebabkan kerusakan material.

Syrian Observatory for Human Rights juga menyatakan serangan-serangan Israel menarget sebuah gudang senjata dan roket yang digunakan kelompok militan Lebanon Hizbullah yang bersekutu dengan Iran dan milisi-milisi lainnya. Iran dan milisi-milisi sekutu telah memainkan peran penting dalam perang saudara di Suriah sejak 2011.

Dalam beberapa tahun ini, Israel telah mengaku melancarkan puluhan serangan udara di Suriah, kebanyakan ditujukan ke senjata-senjata yang diduga dikirim Iran untuk Hizbullah. Dalam beberapa bulan ini, para pejabat Israel telah menyatakan kekhawatiran bahwa Hizbullah tengah berusaha mendirikan fasilitas-fasilitas produksi untuk membuat misil yang akurat.

Observatory menyatakan daerah yang ditarget pada hari Rabu (30/12) adalah kawasan pegunungan. Gudang-gudang itu berada di pegunungan, yang selama bertahun-tahun konflik telah menjadi tempat berlindung milisi-milisi dukungan Iran.

Observatory juga menyatakan serangan-serangan Israel menghantam sebuah unit pertahanan udara Suriah di daerah tersebut sementara unit itu berusaha merespons misil-misil yang datang, menewaskan seorang tentara dan mencederai lima lainnya, demikian dilansir AP.