WNI Pencipta Klaster Covid-19 di Beijing

Seorang WNI yang tinggal di Distrik Shunyi, kawasan Beijing yang tidak disebutkan namanya, dinyatakan pencipta klaster Covid-19 di wilayah itu.

PEMERINTAH China menyebutkan seorang warga Indonesia yang menjadi penyebab diam-diam terbentuknya klaster Covid-19 (silent carrier) di Distrik Shunyi, kawasan ibukota Beijing baru-baru ini.

Global Times mengutip pernyataan Pang Xinghuo, wakil direktur pusat  pencegahan dan kontrol penyakit Bejing  menyebutkan, pihaknya telah melakukan penyelidikan epidemiologi menyeluruh terhadap 16 kasus terbaru di Shunyi dan hasilnya warga RI menjadi penyebab klaster Covid-19.

Distrik Shunyi, dekat Bandara Internasional ibu kota Beijing, telah melaporkan 16 pasien Covid-19, terdiri dari 14 kasus lokal yang dikonfirmasi, masing-masng satu kasus tanpa gejala dan kasus impor sejak infeksi pertama diidentifikasi pada 23 Desember.

Tes asam nukleat terhadap WNI tersebut dikonfirmasi positif pada 28 Desember dan dia diidentifikasi sebagai pembawa virus corona tak terduga ( silent carrier), namun tidak disebutkan nama WNI tersebut.