396 Pengungsi Rohingya Masih Ditampung di Indonesia

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan total pengungsi Rohingya di Indonesia saat ini sebanyak 396 orang.

Retno berharap dengan selesainya pemilu di Myanmar maka akar masalah di Rakhine State penyebab terjadinya gelombang pengungsi Rohingya dapat segera selesai.

“Indonesia berharap dengan selesainya pemilu di Myanmar, komitmen penyelesaian akar masalah dan upaya penciptaan kondisi kondusif di Rakhine State dapat dimulai kembali,” ungkap Retno.

Selain itu, Retno juga berharap para pengungsi Rohingya dapat pulang ke Myanmar dengan sukarela, aman, dan bermartabat. “Myanmar adalah rumah bagi mereka. Dan dunia berharap mereka dapat pulang dengan sukarela, aman dan bermartabat,” tegasnya.

Retno menegaskan, sesuai dengan prinsip bahwa Indonesia tetap konsisten menjalankan prinsip hukum internasional. “Di tengah berbagai macam tekanan Indonesia mampu menunjukkan konsistensinya dalam menjalankan prinsip-prinsip hukum internasional,” ucapnya, dikutip Sindonews, Kamis, 7 Januari 2021.