Thailand Mulai Vaksin 2 Juta Warga Bulan Februari

covid 19

BANGKOK – Otoritas Thailand menetapkan tiga fase vaksinasi COVID-19, dengan fase pertama akn menvaksin dua juta dosis mulai Februari hingga April, kata Kementerian Kesehatan Masyarakat, Kamis (7/1/2021).

Dua juta dosis pertama memprioritaskan vaksinasi untuk 80.000 tenaga medis dan relawan kesehatan, 20.000 pekerja pengendalian penyakit, orang dengan penyakit kronis serta mereka yang berusia 60 tahun ke atas, kata Opas Karnkawinpong, direktur jenderal departemen pengendalian penyakit di kementerian.

Penerima tahap pertama akan berada di Samut Sakhon, Rayong, Chonburi, Chanthaburi dan Trat, yang memiliki tingkat infeksi tinggi dan telah dinyatakan sebagai wilayah di bawah kendali maksimum dengan tindakan ketat yang tinggi, katanya.

Fase kedua akan melibatkan 26 juta dosis dan diberikan kepada orang-orang dari kelompok rentan dari Mei hingga Juni, sedangkan fase ketiga, ditetapkan akhir tahun ini dan awal tahun depan, akan melibatkan vaksinasi yang cukup untuk masyarakat umum.

Dikutip dari Xinhua, Jumat (8/1/2021), hingga Kamis, jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Thailand naik menjadi 9.636, lebih dari 5.000 di antaranya dilaporkan sejak pertengahan Desember, ketika kelompok kasus baru pertama kali terdeteksi di antara pekerja migran di Samut Sakhon.