Banjir Rob Ganggu Lalu Lintas Warga di Bangka Tengah

Ilustrasi Banjir rob di Kendal/ swara Kendal

BANGKA – Banjir rob dengan curah hujan tinggi yang disertai air laut pasang, menghantam badan jalan di kawasan pesisir Pantai Arung Dalam, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

“Air laut pasang dan mengalir deras hingga mengenangi badan jalan, saya ingatkan warga untuk lebih hati-hati melintas karena rawan terjadi kecelakaan,” ujar Kabag Ops Polres Bangka Tengah, Kompol Yudha Wicaksono.

Ia juga mengimbau kepada warga beraktivitas di luar rumah dan melintasi jalur pesisir untuk lebih waspada dengan cuaca ekstrem dan laut pasang.

“Lebih hati-hati dan waspada, terutama saat melintasi jalur pesisir,” ujarnya.

Dipantau Antara, curah hujan dengan intensitas tinggi dan disertai air laut pasang memicu gelombang besar menjangkau badan jalan yang jaraknya hanya sekitar 30 meter dari bibir pantai.

Peristiwa itu membuat akses transportasi terganggu dan terjadi kemacetan di titik lokasi terjadinya banjir Rob.

Kemacetan terjadi karena air laut pasang dan mengalir deras melintasi badan jalan dan terjadi genangan air hingga mencapai lutut orang dewasa.

Selain itu, terganggunya akses transportasi juga disebabkan badan jalan tertutup tumpukan pasir pantai yang dibawa gelombang laut.