DMC DD Bantu Evakuasi Material Banjir Bandang Cisarua Puncak

DMC DD terjunkan tim bantu evakuasi material banjir bandang Cisarua/ Foto: DD via Antara

BOGOR – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa terjun melakukan evakuasi bahan material longsor di sekitar badan Sungai Cisampai, Bogor.

“Dari tim DMC Dompet Dhuafa, kita kebagian di kru 3, yaitu melakukan evakuasi bahan-bahan sisa material longsor yang ada di sekitar badan sungai,” kata Staf Respons Divisi SAR Dompet Dhuafa, Adhe Indra Saputra, dikutip dari Antara.

Ia mengatakan di hari kedua penanganan dampak banjir bandang di Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, tim SAR di pos bantuan terbagi menjadi lima yang secara keseluruhan difokuskan di tiga titik evakuasi.

Titik evakuasi pertama berada di sekitar rumah penduduk yang terkena dampak banjir bandang. Di titik kedua, tim SAR dikerahkan untuk membantu mensterilkan aliran sanitasi air bersih ke rumah-rumah penduduk, dan di titik ketiga, tim SAR diperbantukan untuk membersihkan material longsor yang ada di sekitar badan Sungai Cisampai.

Tim DMC Dompet Dhuafa mendapat bagian membantu sterilisasi aliran sungai dari material longsor yang terbawa akibat banjir bandang yang terjadi di Perkebunan Teh Gunung Mas, Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, dan melakukan pembersihan material sisa longsor dan untuk mempermudah upaya sterilisasi tersebut, tim DMC telah membawa peralatan semi berat, seperti mesin alkon, kereta dorong, cangkul dan lain sebagainya.

Selain itu, mereka juga membawa alat penyemprotan disinfektan dan 10 dus sabun cair, khusus untuk relawan yang membantu upaya sterilisasi badan sungai.