Kasus Corona di Indonesia Belum Melandai, PPKM Diperpanjang Lagi Dua Pekan

Ilustrasi tes swab/ CNN Indonesia

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bakal diperpanjang dua pekan lagi.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Syafrizal mengatakan keputusan itu diambil dalam rapat kabinet terbatas yang digelar Selasa (19/1/2021) kemarin. Menurutnya PPKM akan terus dilakukan sampai kasus covid-19 menurun atau melandai.

“Dan akan diperpanjang (pembatasan kegiatan). Hasil rapat kabinet terbatas kemarin sore akan diperpanjang untuk dua minggu kedepan setelah tanggal 25 Januari 2021. Akan diperpanjang kembali dua minggu ke depan sampai dengan angka menunjukkan penurunan atau pelandaian,” ucapnya di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Syafrizal menjelaskan dalam rapat kabinet terbatas itu dibahas tentang penularan covid-19 yang belum menunjukkan penurunan signifikan di Indonesia.

“Saat ini memang kita mengambil beberapa provinsi prioritas untuk monitoring terutama provinsi-provinsi yang berwarna merah atau kategori tinggi dan Jawa-Bali sudah ditetapkan untuk PPKM. Dan angka terakhir belum menunjukkan penurunan angka positivity rate yang signifikan,” katanya.