Sejumlah Wilayah di Kota Manado Kembali Dilanda Banjir

Ilustrasi Ketinggian banjir di Kelurahan Mahawu, Manado mencapai leher orang dewasa/ Tribun Manado

MANADO – Hujan yang deras dengan intensitas tinggi kembali membuat bencana banjir melanda Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat sore.

“Air sudah naik di sebagian wilayah Manado, dengan ketinggian bervariasi mulai dari 45 cm sampai 60 cm,” Kata Kepala BPBD Manado, Donald Sambuaga, melalui petugas lapangan, Lee Bawole, di Manado, Jumat.

Bawole mengatakan, wilayah yang airnya naik sampai ke ketinggian sekitar 60 cm, di Sario Tumpaan, di Tikala, Paal Dua, Bitung Karangria, Winangun, Ranotana, Karombasan, Bumi Nyiur, Banjer, Paal Dua hingga lampu merah depan pintu masuk tol di jalan lingkar Manado pun air naik sampai lebih dari 50 cm.

Bahkan dia mengatakan, di sejumlah tempat dari postingan para netizen, di sungai Bahu, DAS Sawangan, hingga muara DAS Tondano, air naik tinggi, bahkan di jembatan Miangas air sudah setinggi jembatan.

“Bahkan ada warga yang mengeluh terjebak banjir, dan tidak bisa kemana-mana, sehingga bertahan di rumah,” katanya, dikutip Antara.

Karena itu dia mengatakan, pemerintah dalam hal ini tim siaga bencana, sedang mengupayakan namun tim yang akan membantu juga terjebak air sehingga kesulitan untuk menuju lokasi, tetapi sedang berusaha menembus tempat-tempat bencana.