Kasus Covid Dunia Tembus 100 Juta Kasus, Indonesia Lebih 1 Juta Kasus

JAKARTA – Jumlah kasus virus korona yang dikonfirmasi di seluruh dunia telah melampaui 100 juta, menurut data dari data Universitas Johns Hopkins, lebih dari setahun sejak kasus pertama dari penyakit baru yang ‘misterius’ ini dilaporkan muncul di kota Wuhan di Cina.

Selama 12 bulan terakhir, pandemi telah memaksa pemerintah di seluruh dunia ada yang memerintahkan penutupan, berlakukan jam malam, larangan perjalanan, dan pembatasan kesehatan masyarakat lainnya untuk mencoba dan membendung penyebaran infeksi. Perekonomian anjlok total dan semua jenis ketidaksetaraan semakin memburuk.

“Hari ini dunia melewati 100 juta kasus yang dilaporkan,” kata Caitlin Rivers, seorang ahli epidemiologi dan asisten profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, Selasa (26/1/2021).

“Setahun lalu, novel coronavirus nyaris tidak menjadi berita utama. Di mana kita ingin menjadi satu tahun dari sekarang? Mari kita targetkan cakupan vaksinasi yang kuat di seluruh dunia, dan transisi dari mitigasi komunitas ke manajemen berbasis kasus, ” cuit Rivers seperti dikutip Al Jazeera, Rabu (27/1/2021).

Sementara di Indonesia penularan Covid ini juga melebihi 1 juta kasus positif COVID-19. Data per hari ini Rabu (27/1/2021) di Indonesia penderita positif Covid tembus 1.012.350 orang.

“Pertama untuk mengurangi laju penularan virus kita harus disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Ini sangat susah dan ini tidak bisa dilakukan seorang diri oleh pemerintah tanpa bersama-sama rakyat dan seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini,” ungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Seperti dilansir Antara, Rabu (27/1/2021), Budi Gunadi mengakui bahwa kehidupan masyarakat di Indonesia pasca dan sebelum pandemi akan berbeda.