Palliacare Sahabat Berbagi Harapan Penyintas Kanker

JAWA TENGAH – Hari Kanker Sedunia diperingati setiap 4 Februari, ini merupakan momentum untuk menyadarkan masyarakat agar lebih peduli terhadap penyakit kanker. Tahun ini World Cancer Day masih mengusung tema yang sama dengan sebelumnya, yaitu “I’am and I Will” yang diartikan sebagai komitmen dalam diri untuk melakukan tindakan untuk mencegah kanker.

Peringatan hari kanker ini juga sebagai pengingat akan kekuatan kerjasama dan aksi kolaborasi yang abadi. Ketika kita memilih untuk bersatu, kita dapat mencapai apa yang kita inginkan yaitu dunia yang lebih sehat dan lebih cerah tanpa kanker. Dilansir dari laporan World Health Organization (WHO) World Cancer Report 2020 yang diterbitkan bulan ini, menunjukkan angka satu dari enam orang meninggal akibat kanker tiap tahun dan beban kanker meningkat. Sekitar sembilan koma enam juta orang meninggal dunia karena kanker pada tahun 2018.

Di era pandemi Covid-19 ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga asupan nutrisi menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga imun tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah tertular virus. Selain itu perilaku seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak merupakan hal harus digalakkan untuk mengecah penularan.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah hadir melalui program Palliacare Sahabat Berbagi Harapan Konsern dalam memberikan pelayanan dan pendampingan bagi para penyintas kanker.

LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah menurunkan tim WCV (World Care Volunteer) atau Relawan Rawat Luka untuk melakukan pelayanan Home Care. Tim WCV hadir langsung untuk memberikan bantuan kebutuhan perawatan di rumah, bukan hanya itu tim ini juga memberikan layanan spiritual bagi penyintas kanker dari pintu ke pintu.

Titi Ngudiati selaku Project Manager LKC-DD Jawa Tengah menjelaskan pandemi Covid-19 ini berdampak besar terhadap penanganan kanker secara umum.

“Akibat adanya pembatasan-pembatasan yang mesti dilakukan demi meminimalkan penyebaran virus tidak hanya berdampak pada proses pengobatan, tetapi juga menurunkan tingkat screening atau deteksi dini kanker” ujar Titi.

Lewat momentum World Cancer Day 2020, melalui program kesehatan Kawasan Sehat, screening kanker akan banyak dilakukan dan melibatkan para volunteer serta kader kesehatan di Desa Suro, Kec. Kalibagor, Desa Banjaranyar, Kec. Sokaraja, Kab. Banyumas.