Lalu Lintas Cianjur-Bandung Terhambat Longsor

Ilustrasi longsor di Puncak, Bogor/ Okezone

CIANJUR – Tebing setinggi 80 meter  di Tanjakan Mala, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami longsor sehingga bagian jalan penghubung Cianjur dengan Bandung tertutup material longsoran.

Kepala Kepolisian Sektor Naringgul AKP Yayan Suharyana mengatakan tidak ada korban jiwa, namun akses lalu lintas terputus karena ketinggian material longsor mencapai empat meter berupa batu dan tanah.

“Saat longsor terjadi arus lalu lintas sepi, sehingga tidak ada korban jiwa atau kerugian material yang terjadi,” ujarnya.

Menurutnya kepolisiansudah berkoordinasi dengan TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan dinas terkait untuk membersihkan bagian jalan yang tertutup longsoran tanah dan bebatuan. Upaya pembersihan jalan dilakukan dengan bantuan warga sekitar.

“Menjelang siang arus kendaraan yang sempat mengular dari kedua arah sudah dapat melintas meski dengan cara bergantian,” kata Yayan, dilansir Antara.

Sekretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan mengatakan, BPBD mengirim petugas dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) untuk membantu penanganan dampak tanah longsor di wilayah Naringgul.

“Hingga saat ini, satu unit alat berat dan dua dump truck masih bekerja menyingkirkan material longsor (yang menutupi bagian jalan) sepanjang 10 meter dengan ketinggian mencapai dua meter,” katanya.