Banjir Jakarta Sebabkan Satu Orang Meninggal

Ilustrasi Banjir di Jati Padang pada Minggu (31/3/2019)/ Tribun Jakarta

JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengatakan banjir per Sabtu (20/2/2021) pukul 09.00 ada sebanyak 200 RT terdampak, dari total 30.070 RT yang ada di Jakarta, artinya 0,6 persen dari seluruh wilayah DKI Jakarta.

BPBD juga mencatat ada 26 titik lokasi dengan jumlah pengungsi 1.361 jiwa dari 329 KK. Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan sejumlah wilayah yang terdampak tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan dan luapan Kali Ciliwung, Kali Krukut, dan Kali Pesanggrahan di Jakarta Selatan, serta luapan PHB Sulaiman, Kali Sunter, Kali Cipinang di Jakarta Timur.

Berdasarkan laporan yang masuk,  seorang kakek berusia 67 tahun bernama Sutarmo ditemukan meninggal dunia di kediamannya Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, usai banjir merendam wilayah tersebut.

Ketua RW 6, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Syarifuddin menduga Sutarmo tewas karena tenggelam usai terkunci di dalam rumah saat banjir merendam rumahnya. Dia ditemukan tewas sekitar pukul 07.00 WIB di tengah genangan air.