Pasca Badai Salju Ekstrim, Pemerintah Texas Pinta Perusahaan Listrik Tunda Tagihan Listrik

Kota Texas tanpa listrik. Foto: Reuters

SAN ANTONIA – Pemerintah Texas sementara waktu melarang perusahaan listrik untuk menagih pelanggan atau memutus hubungan listrik karena tidak membayar.

“Hal itu diberikan seagai konpensasi setelah badai musim dingin yang mematikan yang menyebabkan pemadaman yang meluas,” kata Gubernur Greg Abbott pada hari Minggu (21/2/2021).

Abbott mengadakan pertemuan darurat dengan anggota parlemen negara bagian pada hari Sabtu setelah laporan dari banyak pelanggan yang menerima tagihan ribuan dolar hanya untuk beberapa hari layanan listrik sementara Texas dicengkeram oleh suhu yang sangat dingin.

“Orang Texas yang telah menderita selama berhari-hari dalam cuaca dingin yang membekukan tanpa listrik seharusnya tidak mengalami tagihan energi yang meroket,” kata Abbott kepada wartawan, Minggu di San Antonio.

Dia mengatakan Komisi Utilitas Umum Texas akan memerintahkan perusahaan listrik untuk menghentikan sementara pengiriman tagihan ke pelanggan, dan akan mengeluarkan moratorium sementara pemutusan sambungan untuk non-pembayaran.

“Negara bagian akan menggunakan waktu untuk menemukan cara melindungi pelanggan utilitas,” kata Abbott.

“Masalah tentang tagihan listrik dan meroketnya harga yang dihadapi begitu banyak pemilik rumah dan penyewa adalah prioritas utama legislatif Texas saat ini,” katanya.

Dikutip dari Reuters, Senin (22/2/2021), Texas memiliki pasar energi deregulasi yang sangat tidak biasa yang memungkinkan konsumen memilih di antara sejumlah penyedia listrik yang bersaing.