DMC Sisir Lokasi Banjir Tangerang, Evakuasi Penyintas Warga Total Persada

TANGERANG – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membantu evakuasi 30 penyintas banjir di Perumahan Total Persada, Kelurahan Gembong, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Minggu (21/2/2020). Menggunakan dua armada perahu, Tim DMC bersama relawan gabungan mengevakuasi penyintas menuju Masjid Al-Mujahidin yang merupakan tempat pengungsian.

Selain itu, sebagian warga juga mengungsi ke beberapa rumah kerabat setempat. Adapun warga yang terdampak merupakan warga dari dua RW yakni 07 dan 08. Berdasarkan keterangan salah satu penyintas, dikabarkan air mulai memasuki rumah warga sekitar pukul 04.30 WIB. Kemudian seiring berjalan waktu, debit air bertambah. Hingga pukul 13:00 WIB, ketinggian air sudah mencapai tinggi badan orang dewasa, atau sekitar 1,5 meter.

“Gara-gara hujan yang tinggi kemarin. Air sungai Ledug jadi meluap,” terang salah satu penyintas dilansir dari laman Dompet Dhuafa.

Selain melakukan evakuasi, tim juga melakukan pembukaan jalur dengan merekatkan kabel listrik dan ikat dengan tali. Supaya bagi tim respon evakuasi bisa lebih muda untuk mobilisasi bagi warga penyintas.

Satrio Hutomo salah satu Tim Respon DMC Dompet Dhuafa yang bertugas mengutarakan bahwa tim masih melakukan evakuasi. Mengingat sebagian warga masih memutuskan untuk tetap tinggal di rumah masing-masing dengan memanfaatkan hunian lantai 2 mereka.

“Saat ini kita terus upayakan respon evakuasi untuk penyintas. Mengingat sebagian dari mereka masih memutuskan untuk tinggal di rumah. Dan jika mereka memerlukan sesuatu biasanya mereka pergi keluar sendiri ke posko lalu balik lagi ke rumah,” jelas Satrio.