Dompet Dhuafa Sulsel Gelar Pelatihan Pengajar Forum Halaqah Quran

MAKASSAR – Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) kembali menggelar satu program dakwah, yaitu Forum Halaqah Quran (FHQ) yang berfokus pada pelatihan para guru (Dauroh Muwajjih). Bertempat di Masjid PWI Pettarani, Makassar, FHQ dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 21 dan 22 Februari 2021.

Mengangkat tema “Membangun Profesionalisme Muwajjih Forum Halaqah Quran Sulawesi Selatan”, kegiatan menghadirkan pemateri andal dari Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa). Yakni, Ustaz Rezki, Koordinator Kurikulum FHQ An Najm Jeneponto dan Ustaz Abdurrahman Ketua Cordofa Jeneponto sekaligus ketua FHQ An Najm Jeneponto.

Pada pelatihan ini, sebanyak ada 22 orang peserta ikut serta dari tiga kabupaten. Sebanyak 14 Calon muwajjih dua dari Pangkep, tiga dari Makassar dan sembilan dari gowa. Lalu, ada tiga muwajjih dan lima dari Tim Cordofa Gowa.

Pada hari pertama, Ustaz Rezki memberikan materi pembinaan kepada calon dan para dauroh muwajjih tentang pembentukan manajerial Forum Halaqah Alquran. Dan, bagaimana pendekatan pengajaran pada tiap-tiap santri dengan latar belakang usia dan pendidikan yang berbeda.

Pada hari kedua, Ustaz Abdurrahman berkesempatan menyosialisasikan tentang bagaimana mempelajari dan memperbaiki bacaan Alquran beserta tajwid-tajwidnya dengan baik dan benar.

Rahmat Hidayat selaku Pimpinan Cabang DD Sulsel mengatakan bahwa untuk menjalankan program Halaqah Alquran, Dompet Dhuafa menyiapkan terlebih dahulu para calon pengajar Alquran yang unggul melalui pelatihan Dauroh Muwajjih.

“Program ini hadir sebagai bentuk kepedulian Dompet Dhuafa terhadap perbaikan generasi umat Islam. Seperti tema yang diangkat yaitu Membangun Profesionalisme Muwajjih Forum Halaqah Quran” ujarnya seperti dilansir dari Dompet Dhuafa.