Tareq Muhammad : Gua Pintu Geowisata Baru di Arab Saudi

Gu
Gua di Arag Saudi. foto: Arab news

MAKKAH – Tareq Mohammed, spesialis pariwisata gua dari Madinah, membuka pintu ke dunia baru geowisata di Arab Saudi.

Bimbingan pariwisata yang diarahkannya adalah kehidupan Muhammad, dan gua Kerajaan serta struktur geologis adalah bidang spesialisasinya sebagai panduan untuk turis asing dan Saudi.

“Ketika kita berbicara tentang geowisata, yang pertama terlintas di benak kita adalah pantai, hutan, gurun, pegunungan, sumur bawah tanah, mata air panas, dan area gunung berapi yang tidak aktif. Tapi Arab Saudi juga penuh dengan monumen dan gua, ” kata Mohammed kepada Arab News.

Geowisata mulai dibangkitkan kembali di Kerajaan, dan wisatawan dari segala usia menemukan bahwa gua adalah sumber petualangan yang aman dan menyenangkan.

Menurut pemandu, gua di Arab Saudi dibagi menjadi lima tipe dasar menurut divisi geologisnya: Gua es, yang terbentuk di es di daerah dingin; gua laut yang dibentuk oleh gelombang, lautan, atau sungai yang mengalir ke bebatuan atau pegunungan besar, menciptakan rongga besar selama ribuan tahun; gua basaltik, yang dikenal sebagai gua vulkanik; gua batu kapur; dan gua pasir yang terbentuk di dalam pegunungan berpasir.

Salah satu contoh gua basaltik adalah Gua Maker Al-Shaiheen yang tergolong gua basaltik terpanjang di Timur Tengah dengan panjang sekitar 3.700 meter, ”ujarnya.

Gua, terowongan panjang yang dibentuk oleh lahar vulkanik, terbentuk saat permukaan lahar vulkanik mulai membeku, dengan lava di bawah tanah tetap cair akibat suhu yang tinggi.

“Lava terus mengalir hingga mencapai ujung tabung. Dimensi goa bervariasi antara lebar 4-12 meter dan panjang 1,5-12 meter, ”ujarnya.

Gua Maker Al-Shaiheen terletak di sebelah barat Kerajaan di Harrat Khaybar, wilayah Madinah.