AS Serang Infrastruktur Militer yang Didukung Iran di Suriah

Pesawat tempur AS serang Suriah yang didukung Iran. Foto: Reuters

SURIAH – Militer Amerika Serikat melakukan serangan terhadap fasilitas militer di Suriah timur yang digunakan oleh milisi yang didukung Iran pada hari Kamis, (25/2/2021) membalas serangan roket yang baru-baru ini menghantam pasukan AS di Irak.

“Atas arahan Presiden Biden, pasukan militer AS sebelumnya malam ini melakukan serangan udara terhadap infrastruktur yang digunakan oleh kelompok militan yang didukung Iran di Suriah timur,” juru bicara Pentagon John Kirby dalam sebuah pernyataan.

“Serangan ini diotorisasi sebagai tanggapan atas serangan baru-baru ini terhadap personel Amerika dan Koalisi di Irak, dan ancaman yang sedang berlangsung terhadap personel tersebut,” katanya.

Menurut Pentagon, jet tempur AS menjatuhkan tujuh bom presisi dipandu Joint Direct Attack Munition 500-lb, mengenai tujuh sasaran, termasuk penyeberangan yang digunakan oleh kelompok bersenjata untuk memindahkan senjata melintasi perbatasan.

Dikutip dari Al Jazeera, Jumat (26/2/2021), Kirby mengatakan serangan itu menghancurkan beberapa fasilitas di titik kontrol perbatasan yang digunakan oleh sejumlah kelompok militan yang didukung Iran, termasuk Kata’ib Hezbollah (KH) dan Kata’ib Sayyid al-Shuhada (KSS).