Konspirasi Kematian Khashoggi Mulai Terkuak

Wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi (kiri). Misteri kematiannya yang dikait-kaitkan dengan lingkaran Istana Kerajaan Arab Saudi mulai tampak titik terang.

DUA jet pribadi yang digunakan oleh misi jagal Arab Saudi yang diduga membantai jurnalis berkebangsaan negara itu, Jamal Khashoggi ternyata perusahaan milik Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Dokumen pengadilan tentang kepemilikan pesawat tersebut oleh lingkaran kerajaan Arab Saudi  diungkapkan oleh media CNN baru-baru ini.

Berlabel “Sangat Rahasia” dan ditandatangani oleh seorang menteri Saudi, berkas dokumen itu, menurut CNN,  mengungkapkan perintah MBS sebagai  putra mahkota, penguasa de facto Arab Saudi terkait pengalihan kepemilikan pesawat.

Dokumen menyingkap pemindahan kepemilikan Sky Prime Aviation menjadi aset negara, mengacu isi surat seorang menteri yang  berbunyi: “Sesuai instruksi Yang Mulia Putra Mahkota, segera setujui penyelesaian prosedur yang diperlukan.

Nilai pengalihan pesawat  400 miliar dollar AS (Rp 5,6 kuadriliun) pada akhir 2017, dan pesawat-pesawat perusahaan tersebut kemudian digunakan dalam pembunuhan Khashoggi pada Oktober 2018.

Lembaga Pengelola Investasi Kerajaan Saudi dikenal sebagai Dana Investasi Publik yang dikendalikan oleh Raja Saudi dan diketuai oleh Putra Mahkota, MBS.

Dokumen yang mengaitkan hubungan antara kepemilikan pesawat dan MBS diajukan oleh sekelompok BUMN Kerajaan Saudi dan digunakan sebagai bagian gugatan penggelapan yang mereka buka di pengadilan Kanada terhadap mantan pejabat tinggi intelijen Saudi, Saad Aljabri.

Tuduhan penggelapan terhadap Aljabri muncul setelah gugatan yang diaajukan tahun lalu di pengadilan Washington DC ke Pengadilan Distrik terhadap MBS.

Aljabri menuduh putra mahkota MBS mengirim tim pembunuh bayaran terhadap Khashoggi ke Istanbul menggunakan dua pesawat jet

Bukti kepemilikan armada pesawat Gulfstream telah dipindahkan ke Dana Investasi Publik Arab Saudi belum pernah dilaporkan sebelumnya dan hal ini menjadi bukti baru yang mengaitkan MBS dengan kematian Khashoggi.

Raib di Gedung Konsulat Saudi