Biden Segera Umumkan Kebijakan terhadap Arab Saudi Soal Pembunuhan Khashoggi

Joe Biden, kandidat Presiden AS/ Anadolu

WASHINGTON – Presiden Joe Biden mengatakan bahwa AS segera  akan membuat pengumuman mengenai hubungannya dengan Arab Saudi.

Pernyataan tersebut diumumkan satu hari setelah intelijen AS merilis laporan pembunuhan Jamal Khashoggi, yang secara resmi menuduh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atas pembunuhan mengerikan terhadap jurnalis tersebut.

“Akan ada pengumuman pada Senin tentang apa yang akan kami lakukan dengan Arab Saudi,” kata Biden di Gedung Putih ketika ditanya apakah akan ada hukuman bagi putra mahkota, penguasa de facto kerajaan tersebut.

Dalam laporan yang dirilis oleh Direktur Intelijen Nasional,  sebagaimana dilansir Anadolu, Bin Salman menyetujui “untuk menangkap atau membunuh” Khashoggi karena dia dianggap sebagai “ancaman bagi kerajaan” dan juga menyetujui penggunaan tindakan kekerasan untuk membungkamnya.

Kementerian Luar Negeri Saudi mengeluarkan pernyataan yang menolak laporan tersebut, menggambarkannya sebagai “negatif, salah dan tidak dapat diterima,” menambahkan bahwa itu berisi “informasi dan kesimpulan yang tidak akurat.”