Dompet Dhuafa Dirikan Sumur Bor untuk Warga Suro

BANYUMAS – Dompet Dhuafa melakukan pembangunan sumur bor  pada Selasa (2/3/2021), di Dusun Gabu Kulon RT 03/RW 04 Desa Suro, Dhuafa Jawa Tengah Desa Suro, Kec. Kalibagor, Kab. Banyumas, yang sering kali dilanda kekeringan.

Dalam program Air Untuk Kehidupan tersebut, diharapkan pembangunan sumur bor dapat dimanfaatkan oleh warga Desa Suro. Pada peresmian tersebut, turut dihadiri dan saksikan oleh Kepala Desa Suro, Wasdi, Perwakilan Polsek setempat, Willys S, Camat Kalibagor, Arief E, dan Dnas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Imam Subagyo.

Air Untuk Kehidupan merupakan sebuah program gagasan Dompet Dhuafa yang bertujuan membantu masyarakat yang sedang mengalami paceklik air dengan prinsip gotong royong.

Bentuk Program Air Untuk Kehidupan meliputi pembuatan sumur bor, pipanisasi, dan penampungan air, distribusi air bersih, dan tempat penampungan air hujan.

Direktur Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Purwokerto Dompet Dhuafa Jateng, Tuti Ngudiati mengatakan, “Letak mata air di desa ini ada di salah satu sungai yang juga debit airnya sangat kecil dan kondisinya sangat keruh. Sumur bor dan penampungan air bersih ini dapat digunakan untuk 370 KK dan sekitar 1500 jiwa di dua RT, yaitu RT 3 dan 4 RW 4 Dusun Gabu Kulon Desa Suro”.

“Proses pembangunan Sumur Bor telah dilaksanakan dari tanggal 22 Januari 2021 sampai dengan tanggal 13 Februari 2021 dengan kedalaman sumur 70-80 meter, dan penampungan air sebesar 2.000 liter. Kami adakan launching dan peresmian program ini sebagai bentuk publikasi kepada para penerima manfaat yaitu seluruh masyarakat Desa Suro, pemerintah setempat, serta kepada para donatur yang telah menyokong berjalannya program ini,” lanjut Tuti.

Kepala Desa Suro, Wasdi, pada sambutannya menyampaikan, dahulu pada tahun-tahun yang berlalu, masyarakat Desa Suro memang sangatlah kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi saat musim panas. Setiap tahun ia mengajukan proposal untuk pengadaan air bersih ke PDAM.